SILABUS
Nama Sekolah : SMA 1 Sulang
Mata Pelajaran : MATEMATIKA
Kelas/Program : XI / IPA
Semester : 1
STANDAR KOMPETENSI:
1. Menggunakan aturan statistika, kaidah pencacahan, dan sifat-sifat peluang dalam pemecahan masalah.
KOMPETENSI DASAR | MATERI POKOK/ PEMBELAJARAN | KEGIATAN PEMBELAJARAN | INDIKATOR | PENILAIAN | WAKTU | SUMBER BELAJAR |
1.1 Membaca data dalam bentuk tabel dan diagram batang, garis, lingkaran, dan ogive
|
Statistika: diagram garis, diagram batang, diagram lingkaran , ogive dan histogram
|
· Mengamati dan mengidentifikasi tentang data-data di sekitar sekolah. · Mengidentifikasi data-data yang dinyatakan dalam berbagai model. · Mengelompokkan berbagai macam diagram dan tabel. · Menyimak konsep tentang penyajian data |
· Membaca sajian data dalam bentuk diagram garis, diagram lingkaran dan diagram batang. · Mengidentifikasi nilai suatu data yang ditampilkan pada tabel dan diagram |
Jenis: § Kuiz § Tugas Individu § Tugas Kelompok § Ulangan
Bentuk Instrumen: § Tes Tertulis PG § Tes Tertulis Uraian |
4x45’
|
Sumber: · Buku Paket · Buku referensi lain · BSE Depdiknas Buku matematika XI IPA
|
1.2 Menyajikan data dalam bentuk tabel dan diagram batang, garis, lingkaran, dan ogive serta penafsirannya
| Statistika: diagram garis, diagram batang, diagram lingkaran , ogive dan histogram
| · Melnyajikan data dalam berbagai bentuk diagram · Menafsirkan data dari berbagai macam bentuk. · Mengambil kesimpulan dari dua atau lebih kelompok data atau informasi yang sejenis | · Menyajikan data dalam bentuk diagram batang, garis, lingkaran, dan ogive serta penafsirannya · Menafsirkan data dalam bentuk diagram batang, garis, lingkaran, dan ogive |
Jenis: § Kuiz § Tugas Individu § Tugas Kelompok § Ulangan
Bentuk Instrumen: § Tes Tertulis PG § Tes Tertulis Uraian | 4x45’
| Sumber: · Buku Paket · Buku referensi lain · BSE Depdiknas Buku matematika XI IPA
|
1.3 Menghitung ukuran pemusatan, ukuran letak, dan ukuran penyebaran data, serta penafsirannya
| Ukuran Pemusatan : Rataan, Modus, Median Ukuran letak: Kuartil, desil Ukuran Penyebaran: Janggkauan, simpangan kuartil, variansi dan simpangan baku Ukuran letak, quartil. Deasi dan persentil
|
· Mendiskusikan pentingnya penyajian data dalam bentuk histogram dan ogive
· Membuat tabel distribusi frekuensi dari data tertentu
· Menggambar grafik histogram dari tabel distribusi
· Menghitung ukuran pemusatan data baik data tunggal maupun data berkelompok.
· Berdiskusi kelompok untuk menyelesaikan soal-soal sehari-hari untuk mencari ukuran pemusatan data kemudian disajikan dalam bentuk diagram dan menafsirkan hasil yang didapat.
|
· Membaca sajian data dalam bentuk tabel distribusi frekuensi dan histogram.
· Menyajikan data dalam bentuk tabel distribusi frekuensi dan histogram.
· Menentukan rataan, median, dan modus.
· Memberikan tafsiran terhadap ukuran pemusatan.
· Menentukan simpangan rata-rata dan simpangan baku |
Jenis: § Kuiz § Tugas Individu § Tugas Kelompok § Ulangan
Bentuk Instrumen: § Tes Tertulis PG § Tes Tertulis Uraian | 6x45’
| Sumber: · Buku Paket · Buku referensi lain · BSE Depdiknas Buku matematika XI IPA ·
|
1.4 Menggunakan aturan perkalian, permutasi, dan kombinasi dalam pemecahan masalah
| Peluang: § aturan perkalian § permutasi dan § kombinasi
|
· Menentukan berbagai kemungkinan pengisian tempat (filling slot) dalam permainan tertentu atau masalah-masalah lainnya.
· Berdiskusi mengenai kaidah pencacahan yang mengarah pada aturan perkalian, permutasi dan kombinasi.
· Menerapkan rumus aturan perkalian, permutasi, dan kombinasi untuk menyelesaikan soal
· Menyelesaikan masalah-masalah yang berkaitan dengan aturan perkalian, permutasi dan kombinasi.
|
· Menyusun aturan perkalian, permutasi dan kombinasi
· Menggunakan aturan perkalian, permutasi dan kombinasi
|
Jenis: § Kuiz § Tugas Individu § Tugas Kelompok § Ulangan
Bentuk Instrumen: § Tes Tertulis PG § Tes Tertulis Uraian | 6x45’
| Sumber: · Buku Paket · Buku referensi lain · BSE Depdiknas Buku matematika XI IPA
|
1.5 Menentukan ruang sampel suatu percobaan
| Ruang Sampel | · Mendaftar titik-titik sampel dari suatu percobaan acak · Menentukan ruang sampel dari percobaan acak tunggal dan kombinasi · Menentukan banyaknya titik sampel
| · Menentukan banyak kemungkinan kejadian dari berbagai situasi
· Menuliskan himpunan kejadian dari suatu percobaan |
Jenis: § Kuiz § Tugas Individu § Tugas Kelompok § Ulangan
Bentuk Instrumen: § Tes Tertulis PG § Tes Tertulis Uraian | 8x45’ | Sumber: · Buku Paket · Buku referensi lain · BSE Depdiknas Buku matematika XI IPA
|
1.6 Menentukan peluang suatu kejadian dan penafsirannya
| Peluang Kejadian | · Merancang dan melakukan percobaan untuk menentukan peluang suatu kejadian · Menyimpulkan peluang kejadian dari percobaan yang dilakukan untuk mendukung peluang kejadian secara teoritisnya · Menentukan peluang suatu kejadian, peluang komplemen suatu kejadian. · Menentukan peluang suatu kejadian dari soal atau masalah sehari- hari.
| · Menentukan peluang kejadian melalui percobaan
· Menentukan peluang suatu kejadian secara teoritis |
Jenis: § Kuiz § Tugas Individu § Tugas Kelompok § Ulangan
Bentuk Instrumen: § Tes Tertulis PG § Tes Tertulis Uraian | 8x45’
| Sumber: · Buku Paket · Buku referensi lain · BSE Depdiknas Buku matematika XI IPA
|
STANDAR KOMPETENSI:
2. Menurunkan rumus trigonometri dan penggunaannya.
KOMPETENSI DASAR | MATERI POKOK/ PEMBELAJARAN | KEGIATAN PEMBELAJARAN | INDIKATOR | PENILAIAN | WAKTU | SUMBER BELAJAR |
2.1 Menggunakan rumus sinus dan kosinus jumlah dua sudut, selisih dua sudut, dan sudut ganda untuk menghitung sinus dan kosinus sudut tertentu.
|
Trigonometri Jumlah dan Selisih dua sudut
|
· Mengulang kembali tentang konsep perbandingan sinus, cosinus dan tangen · Menurunkan rumus sinus jumlah dan selisih dua sudut · Menurunkan rumus cosinus jumlah dan selisih dua sudut · Menerapkan rumus sinus dan cosinus jumlah dan selisih dua sudut untuk menyelesaikan soal. · Menggunakan rumus sinus, cosinus, dan tangen sudut ganda. |
· Menggunakan rumus sinus jumlah dan selisih dua sudut.
· Menggunakan rumus kosinus jumlah dan selisih dua sudut.
|
Jenis: § Kuiz § Tugas Individu § Tugas Kelompok § Ulangan
Bentuk Instrumen: § Tes Tertulis PG § Tes Tertulis Uraian |
4x45’
|
Sumber: · Buku Paket · Buku referensi lain · BSE Depdiknas Buku matematika XI IPA
|
2.2 Menurunkan rumus jumlah dan selisih sinus dan cosinus |
Trigonometri: § Jumlah dan Selisih cosinus sinus dan tangen |
· Menurunkan rumus jumlah dan selisih sinus · Menurunkan rumus jumlah dan selisih cosinus · Menerapkan perkalian sinus dan cosinus dalam jumlah atau selisih sinus atau cosinus untuk menyelesaikan soal. · Menyelesaikan masalah yang menggunakan rumus-rumus jumlah dan selisih dua sinus dan jumlah atau selisih dua cosinus. · Menggunakan rumus tangen jumlah dan selisih dua sudut. · Dengan memanipulasi rumus yang ada ,menurunkun rumus baru. · Diskusi kelompok, membahas pembuktian soal yang melibatkan beberapa konsep trigonometri. |
· Menyatakan perkalian sinus dan cosinus dalam jumlah atau selisih sinus atau cosinus.
· Menggunakan rumus trigonometri jumlah dan selisih dua sudut dalam pemecahan masalah.
· Membuktikan rumus trigonometri jumlah dan selisih dua sudut.
· Membuktikan rumus trigonometri jumlah dan selisih dari sinus dan cosinus dua sudut.
|
Jenis: § Kuiz § Tugas Individu § Tugas Kelompok § Ulangan
Bentuk Instrumen: § Tes Tertulis PG § Tes Tertulis Uraian |
6x45’
|
Sumber: · Buku Paket · Buku referensi lain · BSE Depdiknas Buku matematika XI IPA
|
2.3 Menggunakan rumus jumlah dan selisih sinus dan cosinus
|
Penerapan Jumlah dan Selisih cosinus sinus dan tangen: o Identitas Trigonometri o Masalah Aplikasi |
· Membuktikan identitas trigonometri sederhana
· Melakukan latihan menyelesaiakn identitas trigonometri
· Menghitung nilai trigonometri sudut dengan menggunakan rumus jumlah dan selisih sinus dan cosinus
|
· Merancang dan membuktikan identitas trigonometri
· Menyelesaiakan masalah yang melibatkan rumus jumlah dan selisih dua sudut
|
Jenis: § Kuiz § Tugas Individu § Tugas Kelompok § Ulangan
Bentuk Instrumen: § Tes Tertulis PG § Tes Tertulis Uraian |
8x45’
|
Sumber: · Buku Paket · Buku referensi lain · BSE Depdiknas Buku matematika XI IPA
|
STANDAR KOMPETENSI:
3. Menyusun persamaan lingkaran dan garis singgungnya.
KOMPETENSI DASAR | MATERI POKOK/ PEMBELAJARAN | KEGIATAN PEMBELAJARAN | INDIKATOR | PENILAIAN | WAKTU | SUMBER BELAJAR |
3.1 Menyusun persamaan lingkaran yang memenuhi persyaratan yang ditentukan
| Persamaan Lingkaran | § Menentukan persamaan lingkaran berpusat di (0,0) dengan menggunakan teorema phytagoras § Menurunkan persamaan lingkaran yang berpusat di (a,b) § Menyatakan bentuk umum persamaan lingkaran § Menentukan persamaan lingkaran jika titik pusat dan jari-jarinya diketahui. § Menyusun persamaan lingkaran yang memenuhi kriteria tertentu. | · Merumuskan persamaan lingkaran berpusat di (0,0) dan (a,b). · Menentukan pusat dan jari-jari lingkaran yang persamaannya diketahui. · Menentukan persamaan lingkaran yang memenuhi kriteria tertentu.
|
Jenis: § Kuiz § Tugas Individu § Tugas Kelompok § Ulangan
Bentuk Instrumen: § Tes Tertulis PG § Tes Tertulis Uraian | 8x45’
| Sumber: · Buku Paket · Buku referensi lain · BSE Depdiknas Buku matematika XI IPA ·
|
3.2 Menentukan persamaan garis singgung pada lingkaran dalam berbagai situasi
| persamaan garis singgung lingkaran | · Menyelidiki sifat dari garis-garis yang menyinggung maupun tidak menyinggung lingkaran · Menurunkan teorema tentang persamaan garis singgung pada lingkaran. · Menentukan persamaan garis singgung lingkaran pada suatu lingkaran . · Menggunakan diskriminan untuk menentukan persamaan garis singgung pada lingkaran. | · Melukis garis yang menyinggung lingkaran dan menentukan sifat-sifatnya · Merumuskan persamaan garis singgung yang melalui suatu titik pada lingkaran. · Merumuskan persamaan garis singgung yang gradiennya diketahui.
|
Jenis: § Kuiz § Tugas Individu § Tugas Kelompok § Ulangan
Bentuk Instrumen: § Tes Tertulis PG § Tes Tertulis Uraian | 12x45’
| Sumber: · Buku Paket · Buku referensi lain · BSE Depdiknas Buku matematika XI IPA ·
|
SILABUS
Nama Sekolah : SMA 1 Sulang
Mata Pelajaran : MATEMATIKA
Kelas/Program : XI / IPA
Semester : 2
STANDAR KOMPETENSI:
4. Menggunakan aturan sukubanyak dalam penyelesaian masalah.
KOMPETENSI DASAR | MATERI POKOK/ PEMBELAJARAN | KEGIATAN PEMBELAJARAN | INDIKATOR | PENILAIAN | WAKTU | SUMBER BELAJAR |
4.1 Menggunakan algoritma pembagian sukubanyak untuk menentukan hasil bagi dan sisa pembagian.
|
Algoritma Pembagian Suku banyak |
· Membagi suku banyak dengan suku banyak lain berderajat lebih rendah · Melakukan algoritma pembagian suku banyak dengan pembagi bentuk linier atau kuadrat · Melakukan latihan soal-soal dengan algoritma pembagian · Menggunakan algoritma pembagian sukubanyak untuk memecahkan masalah yang berkaitan dengan hasil bagi dan sisa pembagian
|
· Menjelaskan algoritma pembagian sukubanyak.
· Menentukan derajat sukubanyak hasil bagi dan sisa pembagian dalam algoritma pembagian.
· Menentukan hasil bagi dan sisa pembagian sukubanyak oleh bentuk linear atau kuadrat. |
Jenis: § Kuiz § Tugas Individu § Tugas Kelompok § Ulangan
Bentuk Instrumen: § Tes Tertulis PG § Tes Tertulis Uraian |
12x45’
|
Sumber: · Buku Paket · Buku referensi lain · Journal · Internet
|
4.2 Menggunakan teorema sisa dan teorema faktor dalam pemecahan masalah
|
Teorema Sisa, dan Teorema Faktor |
· Menurunkan teorema sisa dan teorema faktor
· Menggunakan teorema sisa dan teorema faktor untuk menyelesaikan soal. . |
· Menentukan sisa pembagian suku-banyak oleh bentuk linear dan kuadrat dengan teorema sisa.
· Menentukan faktor linear dari suku-banyak dengan teorema faktor.
· Menyelesaikan persamaan suku-banyak dengan menggunakan teorema faktor. |
Jenis: § Kuiz § Tugas Individu § Tugas Kelompok § Ulangan
Bentuk Instrumen: § Tes Tertulis PG § Tes Tertulis Uraian |
18x45’
|
Sumber: · Buku Paket · Buku referensi lain · BSE Depdiknas Buku matematika XI IPA
|
STANDAR KOMPETENSI:
5 Menentukan komposisi dua fungsi dan invers suatu fungsi.
KOMPETENSI DASAR | MATERI POKOK/ PEMBELAJARAN | KEGIATAN PEMBELAJARAN | INDIKATOR | PENILAIAN | WAKTU | SUMBER BELAJAR |
5.1 Menentukan komposisi fungsi dari dua fungsi
| Fungsi komposisi
| · Membahas ulang pengertian fungsi · Menjelaskan arti komposisi fungsi dalam konteks sehari-hari secara aljabar · Mengidentifikasi fungsi-fungsi baik yang dapat atau tidak dapat dikomposisikan melalui contoh · Menyimpulkan syarat komposisi fungsi · Melakukan latihan soal fungsi komposisi yang bervariasi · Menyelidiki dan sifat-sifat komposisi fungsi melalui contoh · Menggunakan aturan komposisi dari beberapa fungsi untuk menyelesaikan masalah · Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan komponen yang membentuk fungsi komposisi. | · Menentukan syarat dan aturan fungsi yang dapat dikomposisikan
· Menentukan fungsi komposisi dari beberapa fungsi.
· Menyebutkan sifat-sifat komposisi fungsi.
· Menentukan komponen pembentuk fungsi komposisi apabila fungsi komposisi dan komponen lainnya diketahui.
|
Jenis: § Kuiz § Tugas Individu § Tugas Kelompok § Ulangan
Bentuk Instrumen: § Tes Tertulis PG § Tes Tertulis Uraian | 6x45’
| Sumber: · Buku Paket · Buku referensi lain · BSE Depdiknas Buku matematika XI IPA
|
5.2 Menentukan invers suatu fungsi
| Fungsi invers | · Melakukan kajian secara geometris untuk menentukan suatu fungsi mempunyai invers dan menyimpulkannya · Menggambar sketsa grafik fungsi invers dari grafik fungsi asalnya · Melakukan latihan menentukan fungsi invers dan grafiknya secara aljabar · Menyelidiki sifat invers dari fungsi melalui contoh · Menentukan invers dari komposisi fungsi · Menerapkan aturan fungsi invers untuk menyelesaikan masalah.
| · Menjelaskan syarat agar suatu fungsi mempunyai invers.
· Menggambarkan grafik fungsi invers dari grafik fungsi asalnya
· Menentukan fungsi invers dari suatu fungsi.
· mengidentifikasi sifat-sifat fungsi invers.
|
Jenis: § Kuiz § Tugas Individu § Tugas Kelompok § Ulangan
Bentuk Instrumen: § Tes Tertulis PG § Tes Tertulis Uraian | 8x45’ l | Sumber: · Buku Paket · Buku referensi lain · BSE Depdiknas Buku matematika XI IPA
|
STANDAR KOMPETENSI:
6. Menggunakan konsep limit fungsi dan turunan fungsi dalam pemecahan masalah.
KOMPETENSI DASAR | MATERI POKOK/ PEMBELAJARAN | KEGIATAN PEMBELAJARAN | INDIKATOR | PENILAIAN | WAKTU | SUMBER BELAJAR |
6.1. Menjelaskan secara intuitif arti limit fungsi di suatu titik dan di takhingga.
| Pengertian Limit Fungsi
| · Mendiskusikan arti limit fungsi di satu titik melalui perhitungan nilai-nilai di sekitar titik tersebut · Mendiskusikan arti limit fungsi di tak berhingga melalui perhitungan nilai-nilai di sekitar titik tersebut · Melakukan kajian pustaka tentang defini si eksak limit fungsi | · Menjelaskan arti limit fungsi di satu titik melalui perhitungan nilai-nilai disekitar titik tersebut
· Menjelaskan arti limit fungsi di tak berhingga melalui grafik dan perhitungan.
|
Jenis: § Kuiz § Tugas Individu § Tugas Kelompok § Ulangan
Bentuk Instrumen: § Tes Tertulis PG § Tes Tertulis Uraian | 2x45’ | Sumber: · Buku Paket · Buku referensi lain · Journal · Internet
|
6.2. Menggunakan sifat limit fungsi untuk menghitung bentuk tak tentu fungsi aljabar dan trigonometri
| · Sifat Limit Fungsi · Bentuk Tak Tentu | · Menghitung limit fungsi aljabar dan trigonometri · Mengenal macam-macam bentuk tak tentu · Melakukan perhitungan limit dengan manipulasi aljabar · Menghitung limit fungsi aljabar dan trigonometri dengan menggunakan sifat-sifat limit fungsi
| · Menghitung limit fungsi aljabar dan trigonometri di satu titik.
· Menjelaskan sifat-sifat yang digunakan dalam perhitungan limit.
· Menjelaskan arti bentuk tak tentu dari limit fungsi.
· Menghitung limit fungsi aljabar dan trigonometri dengan menggunakan sifat-sifat limit
|
Jenis: § Kuiz § Tugas Individu § Tugas Kelompok § Ulangan
Bentuk Instrumen: § Tes Tertulis PG § Tes Tertulis Uraian | 2x45’ | Sumber: · Buku Paket · Buku referensi lain · Journal · Internet
|
6.3. Menggunakan konsep dan aturan turunan dalam perhitungan turunan fungsi
| Turunan Fungsi
| · Mengenal konsep laju perubahan nilai fungsi dan gambaran geometrisnya · Dengan menggunakan konsep limit merumuskan pengertian turunan fungsi. · Dengan menggunakan aturan turunan menghitung turunan fungsi aljabar. · Menurunkan sifat-sifat turunan dengan menggunakan sifat limit · Menentukan berbagai turunan fungsi aljabar dan trigonometri · Menentukan turunan fungsi dengan menggunakan aturan rantai · Melakukan latihan soal tentang turunan fungsi
| · Menghitung limit fungsi yang mengarah ke konsep turunan. · Menjelaskan arti fisis (sebagai laju perubahan) dan arti geometri turunan di satu titik · Menghitung turunan fungsi yang sederhana dengan menggunakan definisi turunan · Menentukan sifat-sifat turunan fungsi · Menentukan turunan fungsi aljabar dan trigonometri dengan menggunakan sifat-sifat turunan · Menentukan turunan fungsi komposisi dengan aturan rantai. |
Jenis: § Kuiz § Tugas Individu § Tugas Kelompok § Ulangan
Bentuk Instrumen: § Tes Tertulis PG § Tes Tertulis Uraian | 3x45’ | Sumber: · Buku Paket · Buku referensi lain · Journal · Internet
|
6.4. Menggunakan turunan untuk menentukan karakteristik suatu fungsi dan memecahkan masalah
| Karakteristik Grafik Fungsi | · Mengenal secara geometris tentang fungsi naik dan turun · Mengidentifikasi fungsi naik atau fungsi turun menggunakan aturan turunan. · Menggambar sketsa grafik fungsi dengan menentukan perpotongan sumbu koordinat, titik stasioner dan kemonotonannya · Menentukan titik stasioner suatu fungsi beserta jenis ekstrimnya · Menyelesaiakan persamaan garis singgung fungsi.
| § Menentukan fungsi monoton naik dan turun dengan menggunakan konsep turunan pertama § Menggambar sketsa grafik fungsi dengan menggunakan sifat-sifat turunan § Menentukan titik ekstrim grafik fungsi
§ Menentukan persamaan garis singgung dari sebuah fungsi
|
Jenis: § Kuiz § Tugas Individu § Tugas Kelompok § Ulangan
Bentuk Instrumen: § Tes Tertulis PG § Tes Tertulis Uraian | 4x45’ | Sumber: · Buku Paket · Buku referensi lain · Journal · Internet
|
6.5. Merancang model matematika dari masalah yang berkaitan dengan ekstrim fungsi
|
Model matematika Ekstrim Fungsi |
· Menyatakan masalah nyata dalam kehidupan sehari-hari dan membawanya ke konsep turunan. · Menentukan variabel-variabel dari masalah ekstrim fungsi · Mengembangkan strategi untuk merumuskan model matematika dari masalah ekstrim fungsi. |
§ Mengidentifikasi masalah-masalah yang bisa diselesaikan dengan konsep ekstrim fungsi
§ Merumuskan model matematika dari masalah ekstrim fungsi
|
Jenis: § Kuiz § Tugas Individu § Tugas Kelompok § Ulangan
Bentuk Instrumen: § Tes Tertulis PG § Tes Tertulis Uraian |
3x45’ |
Sumber: · Buku Paket · Buku referensi lain · Journal · Internet
|
6.6. Menyelesaikan model matematika dari masalah yang berkaitan dengan ekstrim fungsi dan penafsirannya
|
Solusi masalah ekstrim Fungsi |
· Diskusi kelompok membahas soal aplikatif dengan menggunakan konsep turunan · Menentukan penyelesaian dari model matematika dan menafsirkannya
|
· Menyelesaiakan model matematika dari masalah ekstrim fungsi · Menafsirkan solusi dari masalah nilai ekstrim
|
Jenis: § Kuiz § Tugas Individu § Tugas Kelompok § Ulangan
Bentuk Instrumen: § Tes Tertulis PG § Tes Tertulis Uraian |
4x45’ |
Sumber: · Buku Paket · Buku referensi lain · Journal · Internet
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar