Senin, 25 Juli 2011

SILABUS

Nama Sekolah : SMA 1 Sulang

Mata Pelajaran : MATEMATIKA

Kelas/Program : XI / IPA

Semester : 1

STANDAR KOMPETENSI:

1. Menggunakan aturan statistika, kaidah pencacahan, dan sifat-sifat peluang dalam pemecahan masalah.

KOMPETENSI DASAR

MATERI POKOK/

PEMBELAJARAN

KEGIATAN PEMBELAJARAN

INDIKATOR

PENILAIAN

WAKTU

SUMBER BELAJAR

1.1 Membaca data dalam bentuk tabel dan diagram batang, garis, lingkaran, dan ogive

Statistika:

diagram garis, diagram batang, diagram lingkaran , ogive dan histogram

· Mengamati dan mengidentifikasi tentang data-data di sekitar sekolah.

· Mengidentifikasi data-data yang dinyatakan dalam berbagai model.

· Mengelompokkan berbagai macam diagram dan tabel.

· Menyimak konsep tentang penyajian data

· Membaca sajian data dalam bentuk diagram garis, diagram lingkaran dan diagram batang.

· Mengidentifikasi nilai suatu data yang ditampilkan pada tabel dan diagram

Jenis:

§ Kuiz

§ Tugas Individu

§ Tugas Kelompok

§ Ulangan

Bentuk Instrumen:

§ Tes Tertulis PG

§ Tes Tertulis Uraian

4x45’

Sumber:

· Buku Paket

· Buku referensi lain

· BSE Depdiknas Buku matematika XI IPA

1.2 Menyajikan data dalam bentuk tabel dan diagram batang, garis, lingkaran, dan ogive serta penafsirannya

Statistika:

diagram garis, diagram batang, diagram lingkaran , ogive dan histogram

· Melnyajikan data dalam berbagai bentuk diagram

· Menafsirkan data dari berbagai macam bentuk.

· Mengambil kesimpulan dari dua atau lebih kelompok data atau informasi yang sejenis

· Menyajikan data dalam bentuk diagram batang, garis, lingkaran, dan ogive serta penafsirannya

· Menafsirkan data dalam bentuk diagram batang, garis, lingkaran, dan ogive

Jenis:

§ Kuiz

§ Tugas Individu

§ Tugas Kelompok

§ Ulangan

Bentuk Instrumen:

§ Tes Tertulis PG

§ Tes Tertulis Uraian

4x45’

Sumber:

· Buku Paket

· Buku referensi lain

· BSE Depdiknas Buku matematika XI IPA

1.3 Menghitung ukuran pemusatan, ukuran letak, dan ukuran penyebaran data, serta penafsirannya

Ukuran Pemusatan : Rataan, Modus, Median

Ukuran letak: Kuartil, desil

Ukuran Penyebaran: Janggkauan, simpangan kuartil, variansi dan simpangan baku

Ukuran letak, quartil. Deasi dan persentil

· Mendiskusikan pentingnya penyajian data dalam bentuk histogram dan ogive

· Membuat tabel distribusi frekuensi dari data tertentu

· Menggambar grafik histogram dari tabel distribusi

· Menghitung ukuran pemusatan data baik data tunggal maupun data berkelompok.

· Berdiskusi kelompok untuk menyelesaikan soal-soal sehari-hari untuk mencari ukuran pemusatan data kemudian disajikan dalam bentuk diagram dan menafsirkan hasil yang didapat.

· Membaca sajian data dalam bentuk tabel distribusi frekuensi dan histogram.

· Menyajikan data dalam bentuk tabel distribusi frekuensi dan histogram.

· Menentukan rataan, median, dan modus.

· Memberikan tafsiran terhadap ukuran pemusatan.

· Menentukan simpangan rata-rata dan simpangan baku

Jenis:

§ Kuiz

§ Tugas Individu

§ Tugas Kelompok

§ Ulangan

Bentuk Instrumen:

§ Tes Tertulis PG

§ Tes Tertulis Uraian

6x45’

Sumber:

· Buku Paket

· Buku referensi lain

· BSE Depdiknas Buku matematika XI IPA

·

1.4 Menggunakan aturan perkalian, permutasi, dan kombinasi dalam pemecahan masalah

Peluang:

§ aturan perkalian

§ permutasi dan

§ kombinasi

· Menentukan berbagai kemungkinan pengisian tempat (filling slot) dalam permainan tertentu atau masalah-masalah lainnya.

· Berdiskusi mengenai kaidah pencacahan yang mengarah pada aturan perkalian, permutasi dan kombinasi.

· Menerapkan rumus aturan perkalian, permutasi, dan kombinasi untuk menyelesaikan soal

· Menyelesaikan masalah-masalah yang berkaitan dengan aturan perkalian, permutasi dan kombinasi.

· Menyusun aturan perkalian, permutasi dan kombinasi

· Menggunakan aturan perkalian, permutasi dan kombinasi

Jenis:

§ Kuiz

§ Tugas Individu

§ Tugas Kelompok

§ Ulangan

Bentuk Instrumen:

§ Tes Tertulis PG

§ Tes Tertulis Uraian

6x45’

Sumber:

· Buku Paket

· Buku referensi lain

· BSE Depdiknas Buku matematika XI IPA

1.5 Menentukan ruang sampel suatu percobaan

Ruang Sampel

· Mendaftar titik-titik sampel dari suatu percobaan acak

· Menentukan ruang sampel dari percobaan acak tunggal dan kombinasi

· Menentukan banyaknya titik sampel

· Menentukan banyak kemungkinan kejadian dari berbagai situasi

· Menuliskan himpunan kejadian dari suatu percobaan

Jenis:

§ Kuiz

§ Tugas Individu

§ Tugas Kelompok

§ Ulangan

Bentuk Instrumen:

§ Tes Tertulis PG

§ Tes Tertulis Uraian

8x45’

Sumber:

· Buku Paket

· Buku referensi lain

· BSE Depdiknas Buku matematika XI IPA

1.6 Menentukan peluang suatu kejadian dan penafsirannya

Peluang Kejadian

· Merancang dan melakukan percobaan untuk menentukan peluang suatu kejadian

· Menyimpulkan peluang kejadian dari percobaan yang dilakukan untuk mendukung peluang kejadian secara teoritisnya

· Menentukan peluang suatu kejadian, peluang komplemen suatu kejadian.

· Menentukan peluang suatu kejadian dari soal atau masalah sehari- hari.

· Menentukan peluang kejadian melalui percobaan

· Menentukan peluang suatu kejadian secara teoritis

Jenis:

§ Kuiz

§ Tugas Individu

§ Tugas Kelompok

§ Ulangan

Bentuk Instrumen:

§ Tes Tertulis PG

§ Tes Tertulis Uraian

8x45’

Sumber:

· Buku Paket

· Buku referensi lain

· BSE Depdiknas Buku matematika XI IPA


STANDAR KOMPETENSI:

2. Menurunkan rumus trigonometri dan penggunaannya.

KOMPETENSI DASAR

MATERI POKOK/

PEMBELAJARAN

KEGIATAN PEMBELAJARAN

INDIKATOR

PENILAIAN

WAKTU

SUMBER BELAJAR

2.1 Menggunakan rumus sinus dan kosinus jumlah dua sudut, selisih dua sudut, dan sudut ganda untuk menghitung sinus dan kosinus sudut tertentu.

Trigonometri Jumlah dan Selisih dua sudut

· Mengulang kembali tentang konsep perbandingan sinus, cosinus dan tangen

· Menurunkan rumus sinus jumlah dan selisih dua sudut

· Menurunkan rumus cosinus jumlah dan selisih dua sudut

· Menerapkan rumus sinus dan cosinus jumlah dan selisih dua sudut untuk menyelesaikan soal.

· Menggunakan rumus sinus, cosinus, dan tangen sudut ganda.

· Menggunakan rumus sinus jumlah dan selisih dua sudut.

· Menggunakan rumus kosinus jumlah dan selisih dua sudut.

Jenis:

§ Kuiz

§ Tugas Individu

§ Tugas Kelompok

§ Ulangan

Bentuk Instrumen:

§ Tes Tertulis PG

§ Tes Tertulis Uraian

4x45’

Sumber:

· Buku Paket

· Buku referensi lain

· BSE Depdiknas Buku matematika XI IPA

2.2 Menurunkan rumus jumlah dan selisih sinus dan cosinus

Trigonometri:

§ Jumlah dan Selisih cosinus sinus dan tangen

· Menurunkan rumus jumlah dan selisih sinus

· Menurunkan rumus jumlah dan selisih cosinus

· Menerapkan perkalian sinus dan cosinus dalam jumlah atau selisih sinus atau cosinus untuk menyelesaikan soal.

· Menyelesaikan masalah yang menggunakan rumus-rumus jumlah dan selisih dua sinus dan jumlah atau selisih dua cosinus.

· Menggunakan rumus tangen jumlah dan selisih dua sudut.

· Dengan memanipulasi rumus yang ada ,menurunkun rumus baru.

· Diskusi kelompok, membahas pembuktian soal yang melibatkan beberapa konsep trigonometri.

· Menyatakan perkalian sinus dan cosinus dalam jumlah atau selisih sinus atau cosinus.

· Menggunakan rumus trigonometri jumlah dan selisih dua sudut dalam pemecahan masalah.

· Membuktikan rumus trigonometri jumlah dan selisih dua sudut.

· Membuktikan rumus trigonometri jumlah dan selisih dari sinus dan cosinus dua sudut.

Jenis:

§ Kuiz

§ Tugas Individu

§ Tugas Kelompok

§ Ulangan

Bentuk Instrumen:

§ Tes Tertulis PG

§ Tes Tertulis Uraian

6x45’

Sumber:

· Buku Paket

· Buku referensi lain

· BSE Depdiknas Buku matematika XI IPA

2.3 Menggunakan rumus jumlah dan selisih sinus dan cosinus

Penerapan Jumlah dan Selisih cosinus sinus dan tangen:

o Identitas Trigonometri

o Masalah Aplikasi

· Membuktikan identitas trigonometri sederhana

· Melakukan latihan menyelesaiakn identitas trigonometri

· Menghitung nilai trigonometri sudut dengan menggunakan rumus jumlah dan selisih sinus dan cosinus

· Merancang dan membuktikan identitas trigonometri

· Menyelesaiakan masalah yang melibatkan rumus jumlah dan selisih dua sudut

Jenis:

§ Kuiz

§ Tugas Individu

§ Tugas Kelompok

§ Ulangan

Bentuk Instrumen:

§ Tes Tertulis PG

§ Tes Tertulis Uraian

8x45’

Sumber:

· Buku Paket

· Buku referensi lain

· BSE Depdiknas Buku matematika XI IPA

STANDAR KOMPETENSI:

3. Menyusun persamaan lingkaran dan garis singgungnya.

KOMPETENSI DASAR

MATERI POKOK/

PEMBELAJARAN

KEGIATAN PEMBELAJARAN

INDIKATOR

PENILAIAN

WAKTU

SUMBER BELAJAR

3.1 Menyusun persamaan lingkaran yang memenuhi persyaratan yang ditentukan

Persamaan Lingkaran

§ Menentukan persamaan lingkaran berpusat di (0,0) dengan menggunakan teorema phytagoras

§ Menurunkan persamaan lingkaran yang berpusat di (a,b)

§ Menyatakan bentuk umum persamaan lingkaran

§ Menentukan persamaan lingkaran jika titik pusat dan jari-jarinya diketahui.

§ Menyusun persamaan lingkaran yang memenuhi kriteria tertentu.

· Merumuskan persamaan lingkaran berpusat di (0,0) dan (a,b).

· Menentukan pusat dan jari-jari lingkaran yang persamaannya diketahui.

· Menentukan persamaan lingkaran yang memenuhi kriteria tertentu.

Jenis:

§ Kuiz

§ Tugas Individu

§ Tugas Kelompok

§ Ulangan

Bentuk Instrumen:

§ Tes Tertulis PG

§ Tes Tertulis Uraian

8x45’

Sumber:

· Buku Paket

· Buku referensi lain

· BSE Depdiknas Buku matematika XI IPA

·

3.2 Menentukan persamaan garis singgung pada lingkaran dalam berbagai situasi

persamaan garis singgung lingkaran

· Menyelidiki sifat dari garis-garis yang menyinggung maupun tidak menyinggung lingkaran

· Menurunkan teorema tentang persamaan garis singgung pada lingkaran.

· Menentukan persamaan garis singgung lingkaran pada suatu lingkaran .

· Menggunakan diskriminan untuk menentukan persamaan garis singgung pada lingkaran.

· Melukis garis yang menyinggung lingkaran dan menentukan sifat-sifatnya

· Merumuskan persamaan garis singgung yang melalui suatu titik pada lingkaran.

· Merumuskan persamaan garis singgung yang gradiennya diketahui.

Jenis:

§ Kuiz

§ Tugas Individu

§ Tugas Kelompok

§ Ulangan

Bentuk Instrumen:

§ Tes Tertulis PG

§ Tes Tertulis Uraian

12x45’

Sumber:

· Buku Paket

· Buku referensi lain

· BSE Depdiknas Buku matematika XI IPA

·

SILABUS

Nama Sekolah : SMA 1 Sulang

Mata Pelajaran : MATEMATIKA

Kelas/Program : XI / IPA

Semester : 2

STANDAR KOMPETENSI:

4. Menggunakan aturan sukubanyak dalam penyelesaian masalah.

KOMPETENSI DASAR

MATERI POKOK/

PEMBELAJARAN

KEGIATAN PEMBELAJARAN

INDIKATOR

PENILAIAN

WAKTU

SUMBER BELAJAR

4.1 Menggunakan algoritma pembagian sukubanyak untuk menentukan hasil bagi dan sisa pembagian.

Algoritma Pembagian

Suku banyak

· Membagi suku banyak dengan suku banyak lain berderajat lebih rendah

· Melakukan algoritma pembagian suku banyak dengan pembagi bentuk linier atau kuadrat

· Melakukan latihan soal-soal dengan algoritma pembagian

· Menggunakan algoritma pembagian sukubanyak untuk memecahkan masalah yang berkaitan dengan hasil bagi dan sisa pembagian

· Menjelaskan algoritma pembagian sukubanyak.

· Menentukan derajat sukubanyak hasil bagi dan sisa pembagian dalam algoritma pembagian.

· Menentukan hasil bagi dan sisa pembagian sukubanyak oleh bentuk linear atau kuadrat.

Jenis:

§ Kuiz

§ Tugas Individu

§ Tugas Kelompok

§ Ulangan

Bentuk Instrumen:

§ Tes Tertulis PG

§ Tes Tertulis Uraian

12x45’

Sumber:

· Buku Paket

· Buku referensi lain

· Journal

· Internet

4.2 Menggunakan teorema sisa dan teorema faktor dalam pemecahan masalah

Teorema Sisa,

dan Teorema Faktor

· Menurunkan teorema sisa dan teorema faktor

· Menggunakan teorema sisa dan teorema faktor untuk menyelesaikan soal.

.

· Menentukan sisa pembagian suku-banyak oleh bentuk linear dan kuadrat dengan teorema sisa.

· Menentukan faktor linear dari suku-banyak dengan teorema faktor.

· Menyelesaikan persamaan suku-banyak dengan menggunakan teorema faktor.

Jenis:

§ Kuiz

§ Tugas Individu

§ Tugas Kelompok

§ Ulangan

Bentuk Instrumen:

§ Tes Tertulis PG

§ Tes Tertulis Uraian

18x45’

Sumber:

· Buku Paket

· Buku referensi lain

· BSE Depdiknas Buku matematika XI IPA


STANDAR KOMPETENSI:

5 Menentukan komposisi dua fungsi dan invers suatu fungsi.

KOMPETENSI DASAR

MATERI POKOK/

PEMBELAJARAN

KEGIATAN PEMBELAJARAN

INDIKATOR

PENILAIAN

WAKTU

SUMBER BELAJAR

5.1 Menentukan komposisi fungsi dari dua fungsi

Fungsi komposisi

· Membahas ulang pengertian fungsi

· Menjelaskan arti komposisi fungsi dalam konteks sehari-hari secara aljabar

· Mengidentifikasi fungsi-fungsi baik yang dapat atau tidak dapat dikomposisikan melalui contoh

· Menyimpulkan syarat komposisi fungsi

· Melakukan latihan soal fungsi komposisi yang bervariasi

· Menyelidiki dan sifat-sifat komposisi fungsi melalui contoh

· Menggunakan aturan komposisi dari beberapa fungsi untuk menyelesaikan masalah

· Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan komponen yang membentuk fungsi komposisi.

· Menentukan syarat dan aturan fungsi yang dapat dikomposisikan

· Menentukan fungsi komposisi dari beberapa fungsi.

· Menyebutkan sifat-sifat komposisi fungsi.

· Menentukan komponen pembentuk fungsi komposisi apabila fungsi komposisi dan komponen lainnya diketahui.

Jenis:

§ Kuiz

§ Tugas Individu

§ Tugas Kelompok

§ Ulangan

Bentuk Instrumen:

§ Tes Tertulis PG

§ Tes Tertulis Uraian

6x45’

Sumber:

· Buku Paket

· Buku referensi lain

· BSE Depdiknas Buku matematika XI IPA

5.2 Menentukan invers suatu fungsi

Fungsi invers

· Melakukan kajian secara geometris untuk menentukan suatu fungsi mempunyai invers dan menyimpulkannya

· Menggambar sketsa grafik fungsi invers dari grafik fungsi asalnya

· Melakukan latihan menentukan fungsi invers dan grafiknya secara aljabar

· Menyelidiki sifat invers dari fungsi melalui contoh

· Menentukan invers dari komposisi fungsi

· Menerapkan aturan fungsi invers untuk menyelesaikan masalah.

· Menjelaskan syarat agar suatu fungsi mempunyai invers.

· Menggambarkan grafik fungsi invers dari grafik fungsi asalnya

· Menentukan fungsi invers dari suatu fungsi.

· mengidentifikasi sifat-sifat fungsi invers.

Jenis:

§ Kuiz

§ Tugas Individu

§ Tugas Kelompok

§ Ulangan

Bentuk Instrumen:

§ Tes Tertulis PG

§ Tes Tertulis Uraian

8x45’

l

Sumber:

· Buku Paket

· Buku referensi lain

· BSE Depdiknas Buku matematika XI IPA

STANDAR KOMPETENSI:

6. Menggunakan konsep limit fungsi dan turunan fungsi dalam pemecahan masalah.

KOMPETENSI DASAR

MATERI POKOK/

PEMBELAJARAN

KEGIATAN PEMBELAJARAN

INDIKATOR

PENILAIAN

WAKTU

SUMBER BELAJAR

6.1. Menjelaskan secara intuitif arti limit fungsi di suatu titik dan di takhingga.

Pengertian Limit Fungsi

· Mendiskusikan arti limit fungsi di satu titik melalui perhitungan nilai-nilai di sekitar titik tersebut

· Mendiskusikan arti limit fungsi di tak berhingga melalui perhitungan nilai-nilai di sekitar titik tersebut

· Melakukan kajian pustaka tentang defini si eksak limit fungsi

· Menjelaskan arti limit fungsi di satu titik melalui perhitungan nilai-nilai disekitar titik tersebut

· Menjelaskan arti limit fungsi di tak berhingga melalui grafik dan perhitungan.

Jenis:

§ Kuiz

§ Tugas Individu

§ Tugas Kelompok

§ Ulangan

Bentuk Instrumen:

§ Tes Tertulis PG

§ Tes Tertulis Uraian

2x45’

Sumber:

· Buku Paket

· Buku referensi lain

· Journal

· Internet

6.2. Menggunakan sifat limit fungsi untuk menghitung bentuk tak tentu fungsi aljabar dan trigonometri

· Sifat Limit Fungsi

· Bentuk Tak Tentu

· Menghitung limit fungsi aljabar dan trigonometri

· Mengenal macam-macam bentuk tak tentu

· Melakukan perhitungan limit dengan manipulasi aljabar

· Menghitung limit fungsi aljabar dan trigonometri dengan menggunakan sifat-sifat limit fungsi

· Menghitung limit fungsi aljabar dan trigonometri di satu titik.

· Menjelaskan sifat-sifat yang digunakan dalam perhitungan limit.

· Menjelaskan arti bentuk tak tentu dari limit fungsi.

· Menghitung limit fungsi aljabar dan trigonometri dengan menggunakan sifat-sifat limit

Jenis:

§ Kuiz

§ Tugas Individu

§ Tugas Kelompok

§ Ulangan

Bentuk Instrumen:

§ Tes Tertulis PG

§ Tes Tertulis Uraian

2x45’

Sumber:

· Buku Paket

· Buku referensi lain

· Journal

· Internet

6.3. Menggunakan konsep dan aturan turunan dalam perhitungan turunan fungsi

Turunan Fungsi

· Mengenal konsep laju perubahan nilai fungsi dan gambaran geometrisnya

· Dengan menggunakan konsep limit merumuskan pengertian turunan fungsi.

· Dengan menggunakan aturan turunan menghitung turunan fungsi aljabar.

· Menurunkan sifat-sifat turunan dengan menggunakan sifat limit

· Menentukan berbagai turunan fungsi aljabar dan trigonometri

· Menentukan turunan fungsi dengan menggunakan aturan rantai

· Melakukan latihan soal tentang turunan fungsi

· Menghitung limit fungsi yang mengarah ke konsep turunan.

· Menjelaskan arti fisis (sebagai laju perubahan) dan arti geometri turunan di satu titik

· Menghitung turunan fungsi yang sederhana dengan menggunakan definisi turunan

· Menentukan sifat-sifat turunan fungsi

· Menentukan turunan fungsi aljabar dan trigonometri dengan menggunakan sifat-sifat turunan

· Menentukan turunan fungsi komposisi dengan aturan rantai.

Jenis:

§ Kuiz

§ Tugas Individu

§ Tugas Kelompok

§ Ulangan

Bentuk Instrumen:

§ Tes Tertulis PG

§ Tes Tertulis Uraian

3x45’

Sumber:

· Buku Paket

· Buku referensi lain

· Journal

· Internet

6.4. Menggunakan turunan untuk menentukan karakteristik suatu fungsi dan memecahkan masalah

Karakteristik Grafik Fungsi

· Mengenal secara geometris tentang fungsi naik dan turun

· Mengidentifikasi fungsi naik atau fungsi turun menggunakan aturan turunan.

· Menggambar sketsa grafik fungsi dengan menentukan perpotongan sumbu koordinat, titik stasioner dan kemonotonannya

· Menentukan titik stasioner suatu fungsi beserta jenis ekstrimnya

· Menyelesaiakan persamaan garis singgung fungsi.

§ Menentukan fungsi monoton naik dan turun dengan menggunakan konsep turunan pertama

§ Menggambar sketsa grafik fungsi dengan menggunakan sifat-sifat turunan

§ Menentukan titik ekstrim grafik fungsi

§ Menentukan persamaan garis singgung dari sebuah fungsi

Jenis:

§ Kuiz

§ Tugas Individu

§ Tugas Kelompok

§ Ulangan

Bentuk Instrumen:

§ Tes Tertulis PG

§ Tes Tertulis Uraian

4x45’

Sumber:

· Buku Paket

· Buku referensi lain

· Journal

· Internet

6.5. Merancang model matematika dari masalah yang berkaitan dengan ekstrim fungsi

Model matematika Ekstrim Fungsi

· Menyatakan masalah nyata dalam kehidupan sehari-hari dan membawanya ke konsep turunan.

· Menentukan variabel-variabel dari masalah ekstrim fungsi

· Mengembangkan strategi untuk merumuskan model matematika dari masalah ekstrim fungsi.

§ Mengidentifikasi masalah-masalah yang bisa diselesaikan dengan konsep ekstrim fungsi

§ Merumuskan model matematika dari masalah ekstrim fungsi

Jenis:

§ Kuiz

§ Tugas Individu

§ Tugas Kelompok

§ Ulangan

Bentuk Instrumen:

§ Tes Tertulis PG

§ Tes Tertulis Uraian

3x45’

Sumber:

· Buku Paket

· Buku referensi lain

· Journal

· Internet

6.6. Menyelesaikan model matematika dari masalah yang berkaitan dengan ekstrim fungsi dan penafsirannya

Solusi masalah ekstrim Fungsi

· Diskusi kelompok membahas soal aplikatif dengan menggunakan konsep turunan

· Menentukan penyelesaian dari model matematika dan menafsirkannya

· Menyelesaiakan model matematika dari masalah ekstrim fungsi

· Menafsirkan solusi dari masalah nilai ekstrim

Jenis:

§ Kuiz

§ Tugas Individu

§ Tugas Kelompok

§ Ulangan

Bentuk Instrumen:

§ Tes Tertulis PG

§ Tes Tertulis Uraian

4x45’

Sumber:

· Buku Paket

· Buku referensi lain

· Journal

· Internet

Tidak ada komentar: